Minggu, 03 November 2013

Warta Berita - Lima Kabupaten Pecahan dari Yahukimo Dibahas Dalam Pleno DPD/MPR RI

Warta Berita - Lima Kabupaten Pecahan dari Yahukimo Dibahas Dalam Pleno DPD/MPR RI


KPMY Post
BCI Post, WAMENA—Untuk melihat Kabupaten Yahukimo, terutama lima daerah yang akan dimekarkan menjadi kabupaten baru termasuk calon kabupaten Yahukimo Barat, Pegunungan Seir yang ber-ibu kota di Kurima, maka Rombongan DPD/MPRRI yang berjumlah 8 orang yang di Ketuai Anggota DPD Asal Papua Drs.Paulus Yohanes Sumino,MM.dengan rombongan turun langsung keYahukimo.

Kunjungan kerja ini sekalian ditandai dengan penyerahan hak hulayat kepala suku kepada Bupati Yahukimo Ones Pahabol serta dilanjutkan kepada DPD RI serta penandatanganan berita acara oleh perwakilan masing-masing kepala distrik yang berjumlah 16 orang. Sebagai tanda bahwa masyarakat, tokoh agama maupun kepala suku mendukung terbentuknya daerah otonom baru yaitu  Kabupaten Yahukimo Barat, Pegunungan Seir yang beribukota di Kurima, acara tersebut berlangsung dilapangan Kurima Yahukimo Rabu (28/3).

Menurut Anggota DPD/MPR RI. Paulus Yohanes Sumino. bahwa aspirasi ini akan mereka bawa ke jakarta sehingga pada tanggal 5 April nanti dimana saat adanya sidang pleno dan dibahas dikomisi I  yang dibahas oleh 31 Anggota dari tiap-tiap daerah, untuk mebahas daerah pemekaran baru nanti. kami akan berusaha untuk membawa aspirasi  lima calon kabupaten ini yaitu,mamberamo hulu,kab,seir,kab. yalimek, yahukimo tengah.dengan lima sukunya yaitu suku Ngalik, Mumuna, Upla, Yalli, suru-suru dan mek.”katanya.

Ada 17 Daerah otonom baru yang akan dimekarkan menjadi kabupaten dipapua termasuk lima daerah pecahan yahukimo tadi. dan untuk diseluruh Indonesia sendiri berjumlah duaratus lebih dan untuk dipapua barat berjumlah dua yaitu, pegunugan arfak, manokwari selatan. untuk pemekaran baru nantinya setelah disahkan maka adanya penyerahan Tanah,Aset pegawai.dan juga ada kewajiban pemerintah Induk untuk dapat membiayai kewajibannya selama dua tahun bagi daerah pemekaran baru. ”pungkasnya.

Sementara itu Bupati Yahukimo Ones Pahabol katakan bahwa. proses pemekaran kabupaten baru bukan wewenang dari Bupati namun itu adalah dari pemerintah pusat yakni DPD,atau DPRRI. namun untuk pemekaran distrik dan kampung adalah wewenang Bupati. untuk itu aspirasi pemekaran ini pastinya akan diproses dan keputusannya dari pusat,sehingga kami pemerintah daerah dan masyarakat hanya menunggu saja keputusan pusat.”katanya.

Sementara itu Perwakilan dari 15 Suku yang ada di yajukimo diwakili oleh kepala suku besar Yalli Bonykenem Hesegem menyerahkan aspirasi tersebut kepada Bupati yang kemudian menyerahkannya kepada DPR/MPRRI. untuk dibahas pada sidang pleno nanti. Menurut kepala suku besar Yahukimo Bonny  Kenem Hesegem bahwa, “Masyarakat pegunungan Seir sudah menunggu sangat lama pembentukan kabupaten Seir atau Yahukimo Barat ini, sehingga bisa lebih cepat  kabupaten ini terbentuk,” harapnya. (cr-77/Kilungga/BCI)

0 komentar: